PEMANFAATAN DAUN KETAPANG PADA 7 JENIS IKAN, APA SAJA ITU?

BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

Tanaman ketapang masih digunakan oleh kebanyakan orang tempat berteduh di pinggir jalan. Tanaman ini dikatorikan sebagai tanaman yang mudah tumbuh di berbagai jenis tanah di wilayah Indonesia. Pertumbuhan tanaman ketapang membentuk seperti payung labar. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara tubuh subur. Sebaran tanaman ketapang juga terdapat di Australia bagian utara, Polinesia, India, Pakistan, Madagaskar, Afrika Timur, Afrika Barat, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Daun Ketapang yang baru dipetik (Hijau) / www.bukalapak.com


Selama covid-19 melanda Indonesia trend memelihara ikan hias menjadi naik daun di media sosial. Tidak heran postingan para netizen dibanjiri oleh konten ikan hias. Dalam menjaga warna ikan hias oleh pemelihara, tanaman ketapang menjadi pilihan yang direkomendasikan. Karena kandunagn dalam tanaman ketapang terkandung zat tanin yang setelah diekstrak. Tanin merupakan salah satu zat yang terdapat dalam tumbuhan dan memiliki banyak manfaat. 


Dari penelitian yang dilakukan oleh Evi Triana dari Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyebutkan bahwa ekstrak air daun ketapang mengandung saponin, alkaloid, flavonoid, tanin, steroid dan triterpenoid. Daya bersih ekstrak air daun ketapang lebih baik dibandingkan deterjen 2% dan akuades. Ekstrak air daun ketapang 20, 15 dan 10% dapat meluruhkan pengotor organik berturut-turut sebesar 69,65; 43,3 dan 19,15%. Sementara potensi meluruhkan bakteri berturut turut sebesar 95,05; 58,45 dan 23,95%. Analisis statistik menunjukkan bahwa ekstrak air daun ketapang 15 dan 20% memiliki aktivitas yang setara namun lebih tinggi dibandingkan ekstrak 10%, deterjen 2% dan akuades. Oleh karena itu disimpulkan bahwa bahan pembersih yang memiliki daya bersih yang paling efektif adalah ekstrak air daun ketapang 15%.


Nah, sekarang admin akan membahas pentingnya ekstrak tanaman ketapang pada beberapa jenis ikan dalam menjaga warna ikan secara alami. 


Warna Hijau Ikan Cupang/ www.kompas.com


1.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Cupang


Belakangan ini ikan Cupang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai jenis ikan Cupang di tampilkan di media sosial. Bahkan penggemar ikan Cupang sampai pada artis papan atas Indonesia. Dalam proses mutasi warna ikan Cupang, daun ketapang menjadi incaran pembudidaya ikan. Daun ketapang berguna untuk memperindah kulit dan mencerahkan warna ikan Cupang secara alami. Bahkan daun ketapang kering menghasilkan zat organik guna menurunkan kadar pH serta menyerap zat kimia dalam air. 


Jenis-jenis Ikan Guppy/ www.beritasatu.com


2.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Guppy


Setalah itu ikan hias yang menjadi trend sekarang ini yakni ikan Guppy. Warna ekor yang dimiliki oleh ikan Guppy memiliki daya tarik tersendiri. Dengan warna yang mencolok menyebabkan ikan ini diburu oleh penghobi ikan hias. Bahkan duan ketapang menjadi pilihan alternatif dalam mempertajam warna ekor ikan Guppy. Manfaat lain daun ketapang kering pada ikan Guppy dapat mengobatkan ikan terutama terserang penyakit jamur dan Finroot. 

 

Arwarna Golden/ www.carakus.com


3.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Awarna


Ikan Arwarna masuk dalam daftar ikan hias air tawar termahal di Indonesia. Warna yang dimilikinya menarik para pencinta ikan hias untuk membelinya. Jenis ikan Arwarna yang paling dicari yakni Super Red dan Golden. Warna cerah tersebut harus dijaga secara alami. Daun ketapang menjadi pilihan yang dapat coba dalam menjaga warna semakin cerah. Bahkan kandungan  ektrak daun ketapang memberikan kesehatan ikan Arwana karena tanin yang merupakan bagian atau substansi daun ketapang mampu mencegah penyakit dan juga bakteri yang bisa berkembang. 


Ikan Channa Warna Merah/ www.researchgate.net


4.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Channa


Memelihara ikan Channa dianggap lebih mudah dibanding ikan hias lain. Ikan ini dapat hidup di air yang minim oksigen sehingga tidak memerlukan alat bantu seperti air pump dan water pump. Ikan Channa memiliki warna yang beragam mulai dari warna kuning, merah, biru, hitam, dan hijau. kandungan ekstrak daun ketapang sangat direkomendasikan pada ikan Channa. Manfaat yang dapat di peroleh yakni mengurangi Stress Pada Ikan dan Membuat Sisik Ikan Semakin Bersinar. Selain itu, manfaat lain dapat membantu Membasmi Jamur. 

 

Ikan Koi warna Merah dan Hitam/ www.aquariumikanhias.blogspot.com


5.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Koi


Ikan koi termasuk dalam genus ikan mas. Ikan koi memiliki ornamen yang sangat unik dan indah. Jenis ikan Koi banyak ragamnya dan memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak disukai oleh pencinta ikan hias. Warna ikan Koi sangat cocok dipandang dari atas pada kolam. Rendaman daun ketapang pada ikan Koi dapat mempercepat penyembuhan luka & bersifat atibiotik alam. Manfaat lain dapat memperkuat sisik & membuat sisik ikan tidak mudah lepas.

     

ikan Lou Han/ www.gaya.tempo.co


6.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Lou Han


Mengutip dari wikipedia ikan Lou Han merupakan salah satu ikan hias termahal didunia yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam”. Tidak banyak yang mengetahui manfaat daun kepatang pada ikan Lou Han, benjolan yang terdapat pada ikan harus dijaga di dalam aquarium. Kandungan daun ketapang bermanfaat untuk menjaga warna yang terdapat pada “benjol kelam”. 

 

Aneka Warna Ikan Discus/ www.catatandokterikan.com


7.   Manfaat Daun Ketapang pada Ikan Discus


Pemilihan ikan hias yang satu ini masih tergolong jarang ditemui. Ikan Discus memiliki bentuknya yang unik dari keelokan corak tubuhnya yang mampu menandingi keindahan ikan-ikan cantik di bawah laut, sehingaa memikat hati para penghobi ikan berkat. Manfaat daun ketapang ikan ini berfungsi menjaga konsentrat di dalam air. Selain itu, daun ketapang dapat merangsang nafsu makan ikan menjadi baik dan semua penyakit hilang.  


BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *