REKOMENDASI SUMBER AIR MEMELIHARA IKAN

BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

Ketika hendak melakukan pemeliharaan ikan air tawar, hal yang harus diperhatikan adalah air. Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Sumber air tersebut ada yang diperoleh dari air tanah, mata air air sungai, danau dan air laut. Sumber air di bumi tersebut berasal dari suatu siklus air dimana tenaga matahari merupakan sumber panas yang mampu menguapkan air. Air baik yang berada di darat maupun laut akan menguap oleh panas matahari. Uap kemudian naik berkumpul menjadi awan. Awan mengalami kondensasi dan pendinginan akan membentuk titik-titik air dan akhirnya akan menjadi hujan. Air hujan jatuh kebumi sebagian meresap kedalam tanah menjadi air tanah dan mata air, sebagian mengalir melalui saluran yang disebut air sungai, sebagian lagi terkumpul dalam danau/rawa dan sebagian lagi kembali ke laut.


Mahkluk hidup sangat membuthkan air seperti ikan. Ikan membutuhkan air untuk hidup. Dalam memeliharanya tersedia air sangat penting dalam menunjang proses keberhasilan. Secara kualitas dan kuantitas harus sejalan dengan sumber air yang tersedia. Ada beberapa jenis air dalam memelihara ikan agar berhasil. Berikut penjelasan lengkapnya.  


1.   Air Sumur 


Air Sumur/ www.99.co

Pengguna sumur bisa mengalami masalah air keruh, kuning, bau, karat, bau amis bau kaporir. Juga ada sumur yang payau dan hambar. Pada air sumur harus diperhatikan secara detail dalam memelihara ikan. Kami merekomendasikan untuk menjauhi masalah yang sudah disebutkan. ketersedian air sumur sangat menunjang keberhasilan pemeliharaan ikan.


2. AIr Payah


Perairan Estuaria (Payau)/ www.annisasuke.blogspot.com

Secara fisik air yang baik adalah harus jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Secara kimia air yang sehat adalah kadar pH-nya netral (7) dan kandungan mineral-mineral tertentu memenuhi batasan syarat mutunya. Kandungan zat-zat organik atau senyawa hara seperti fitoplankton dan zooplankton pada air ini lebih banyak.


3. AIr Sungai


Air Sungai yang Mengalir/ www.google.com

Sumber air ini sangat kaya dengan oksigen terlarut di dalam sungai. Selain itu sumber air ini sangat kaya kandungan zat-zat organik atau senyawa hara seperti fitoplankton dan zooplankton yang merupakan zat penyubur perairan serta dapat menjadi pakan alami bagi ikan. Dengan melimpahnya senyawa organik dapat memberikan pertumbuhan yang ikan dengan cepat.


BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *