TIPS MENGHINDAR DARI MUTASI CORONA D614G

BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

 

Struktur Virus Corona/ www.health.detik.com/

TIPS MENGHINDAR DARI MUTASI VIRUS CORONA D614G DISEKITAR KITA – Belakangan ini virus corona menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Virus ini diyakini lebih cepat penularannya dibanding virus corona. Virus hasil mutasi disebut-sebut dapat memberikan efek mematikan terhadap penerimanya. Dilansir dari situs www.kesehatan.kontan.co.id membenarkan bahwa mutasi ini mengubah asam amino pada posisi 614, dari D (asam aspartat) menjadi G (glisin). Sehingga disebut D-614-G. Sayangnya banyak di kalangan masyarakat belum mengenal D-614-G ini.

Sejak mengetahui mutasi virus corona banyak pihak kesehatan turun tangan meneliti lebih lanjut di laboratorium. Tidak hanya peneliti Indonesia bahkan peneliti dari luar negeri ikut andil dalam mengenal hasil mutasi corona. Dikutip dari situs tirto.id,sebuah studi terpisah pada bulan Juni oleh para peneliti dari The Scripps Research Institute di AS juga menemukan, D164G 10 kali lebih menular daripada strain aslinya karena lonjakan proteinnya lebih jarang pecah. Studi ini dipublikasikan di situs penelitian online bioRxiv dan belum ditinjau.

Virus hasil mutasi diduga berasal dari negara Amerika Serikut. Penyebaran nya melalui komunikasi yang dilakukan antar orang tanpa memperhatikan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Sebagian oranga mencari informasi seputar hasil mutasi corona yang terkenal dengan penyebarannya.

 

Pencarian Informasi dalam sehari/ www.google.com

MENGENALI GELAJANYA

Melansir dari Times of India, National Health Service (NHS) pun menyoroti gejala Covid-19 yang kerap dialami pasien saat terinfeksi virus corona jenis baru ini. Gejala umum yang kita jumpai seperti demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman dan perasa, terdapat 7 gejala lain yang dikaitkan dengan varian baru corona. Berikut gejala infeksi virus corona oleh varian baru:

  1. Kelelahan
  2. Kehilangan selera makan
  3. Sakit kepala
  4. Diare
  5. Kebingungan
  6. Nyeri otot
  7. Ruam kulit

Dilansir dari www.kompas.com memberitakan agar dapat memahami varian ini, para peneliti menginfeksi hamster dengan virus corona SARS-CoV-2 mutasi D614G dan varian asli. Hamster itu diletakan di samping delapan hamster yang tidak terinfeksi. Udara bisa lewat di antara kandang, Hamsternya tidak dapat menyentuh hamster lain secara fisik. Percobaan ini memberikan gambaran bahwa varian D614G tersebut tampaknya mereplikasi sekitar 10 kali lebih cepat dan lebih menular. Gejala ini sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Untuk itu berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

TIPS MENGHINDAR

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah gencar melakukan sosialisasi mencegah penyebaran virus korona. Bahkan pencegahan ini disampaikan di media sosial secara rutin. Dilansir dari www.jawapos.com memberitakan ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian menyampaikan agar Indonesia terlindung dan bebas dari virus Korona, diperlukan kolaborasi total dari seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

1. Menerapkan 3M

Hampir setiap hari kita mendengar 3M dari berbagai mulut orang. Mendengar nya saja sudah tidak asing lagi, Bahkan ada yang belum mengathui secara lebih deatil terkait 3M. 3M merupakan singkatan dari memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Penerapan 3M sangat dianjurkan dalam mencegah mutasi corona.

2. Olahraga Teratur

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setiap masyarakat yang berusia 18 – 64 tahun harus melakukan olahrga secara teratur setidaknya 150 menit setiap minggunya. Bentuk olahraga yang mudah dilakukan dengan berjalan di pagi hari. Udara yang masih segar dapat membuat badan menjadi sehat dan fit, sehingga akan terhindar dari mutasi corona .

3. Konsumsi Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

 

Makanan Empat Sehat Lima Sempurna/ Bimata.id

Kandungan yang terkandung dalam makanan memberikan tenaga di dalam tubuh untuk bergerak. Makanan empat sehat lima sempurna sangat direkomendasikan untuk mencegah terjadinya penularan mutasi corona. Hal ini diyakini bahwa makanan akan membenuk benteng yang dapat melawan semua penyakit yang ada di dluar rumah termasuk murasui corona.

Makanan empat sehat lima sempurna merupakan jenis makanan makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sedangkan susu disebut menjadi nutrisi kelima sebagai penyempurnanya.


BAGIKAN KE KAWAN MELALUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *